In-service EFL Teachers’ Sociocultural-based TPACK Beliefs and Practices

Pbi.umsida.ac.id – Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi para pendidik, terutama guru bahasa Inggris, untuk mengintegrasikan teknologi dengan pendekatan pedagogis yang sesuai.

Salah satu penelitian menarik yang diterbitkan dalam jurnal Computer Assisted Language Learning Electronic Journal (CALL-EJ) oleh Dian Novita, Oikurema Purwati, dan Syafi’ul Anam dari Universitas Negeri Surabaya, membahas tentang keyakinan dan praktik guru bahasa Inggris dalam menerapkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) berbasis pendekatan sosiokultural.

Baca juga: Tips Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif di Perguruan Tinggi

Menggali Keyakinan dan Praktik Guru EFL
Sumber: Pexels

Penelitian ini melibatkan 125 guru bahasa Inggris dan 375 siswa dalam survei, serta wawancara mendalam dengan sebagian dari mereka. Temuan utama menunjukkan bahwa meskipun para guru memiliki pengetahuan pedagogis dan teknologi yang baik, mereka mengalami kesulitan dalam menerapkan praktik TPACK yang berbasis sosiokultural.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pemahaman yang rendah tentang konsep budaya selama program pengembangan profesional daring.

Tantangan Integrasi Pendekatan Sosiokultural

Salah satu fokus penting dari penelitian ini adalah tantangan yang dihadapi guru dalam mengintegrasikan pendekatan sosiokultural. Banyak guru melaporkan keterbatasan pemahaman, pengalaman, dan akses ke komunitas budaya yang lebih luas, yang menghambat kemampuan mereka untuk mengimplementasikan teori TPACK dalam praktik pengajaran mereka.

Baca juga: Tips Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Rekomendasi Penggunaa TPACK untuk Profesional
Sumber: Pexels

Penelitian ini memberikan rekomendasi penting untuk revisi kurikulum program pengembangan profesional. Diharapkan program tersebut dapat mendukung penggunaan TPACK yang lebih efektif dan berbasis budaya dalam pengajaran bahasa Inggris.

Dengan memperkuat pemahaman guru tentang budaya, diharapkan mereka dapat lebih baik mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kaya dan relevan bagi siswa.

Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan profesional yang berfokus pada TPACK berbasis sosiokultural untuk guru bahasa Inggris.

Dengan memahami tantangan yang dihadapi, serta menekankan perlunya revisi kurikulum, penelitian ini menawarkan solusi yang dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran. Hasil dari riset ini bukan hanya relevan bagi pendidik, tetapi juga bagi lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan efektivitas program pelatihan mereka.

Dengan terus mendukung penelitian semacam ini, Universitas Negeri Surabaya berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan relevan, mempersiapkan para guru untuk menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Sumber: In-service EFL Teachers’ Sociocultural-based TPACK Beliefs and Practices: Voice of Teachers and Students

Bertita Terkini

Pendidikan Bahasa Inggris
Wisudawan Pendidikan Bahasa Inggris Risti Nur Aini Raih Gold Award dan Juara 3 di IC-RIITEL 2025
December 9, 2025By
Bahasa Inggris
Umsida Gelar Praktik Lapangan: Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Asah Keterampilan Tour Guiding di Yogyakarta
December 5, 2025By
Bahasa Inggris
Wisudawan Pendidikan Bahasa Inggris Masliha Alfiatul Raih Juara 3 Speech Contest Nasional Language Fest 2022
December 2, 2025By
Bahasa Inggris
Hadiah Terindah untuk Diri Sendiri: Cerita Wisudawan Berprestasi 2025 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
November 28, 2025By
Alfzehra
Wisudawan 2025 Alfzehra Muhammad Cajuizi: Mahasiswa Umsida Juara 1 Tanding Kelas C Dewasa Putra pada Kanjuruhan Fighter Competition 2
November 25, 2025By
EAGI Kazakhstan
Outbond Student EAGI Kazakhstan Perkuat Mobilitas Internasional Mahasiswa PBI Umsida
November 21, 2025By
bahasa inggris
Dari Denah ke Dialog: Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Inggris 2025 dengan Bakat Desain Interior
November 18, 2025By
hima pbi
Ketua dan Wakil Hima PBI Umsida 2025/2026 Resmi Dilantik, Siap Bawa Semangat Baru
November 7, 2025By

Prestasi

Pendidikan Bahasa Inggris
Wisudawan Pendidikan Bahasa Inggris Risti Nur Aini Raih Gold Award dan Juara 3 di IC-RIITEL 2025
December 9, 2025By
Bahasa Inggris
Wisudawan Pendidikan Bahasa Inggris Masliha Alfiatul Raih Juara 3 Speech Contest Nasional Language Fest 2022
December 2, 2025By
Bahasa Inggris
Hadiah Terindah untuk Diri Sendiri: Cerita Wisudawan Berprestasi 2025 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
November 28, 2025By
Alfzehra
Wisudawan 2025 Alfzehra Muhammad Cajuizi: Mahasiswa Umsida Juara 1 Tanding Kelas C Dewasa Putra pada Kanjuruhan Fighter Competition 2
November 25, 2025By
Tapak Suci Umsida Persembahkan Medali Emas Lewat Alfzehra Muhammad Cajuizi
September 16, 2025By
zahra
Mahasiswa PBI Umsida Berprestasi, Zahra Novianti Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 5, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Diraih Mahasiswa PBI, Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 5, 2025By
Elsyien
Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program, Siap Kembangkan Keterampilan Mengajar di Luar Negeri
June 13, 2025By