In-service EFL Teachers’ Sociocultural-based TPACK Beliefs and Practices

Pbi.umsida.ac.id – Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi para pendidik, terutama guru bahasa Inggris, untuk mengintegrasikan teknologi dengan pendekatan pedagogis yang sesuai.

Salah satu penelitian menarik yang diterbitkan dalam jurnal Computer Assisted Language Learning Electronic Journal (CALL-EJ) oleh Dian Novita, Oikurema Purwati, dan Syafi’ul Anam dari Universitas Negeri Surabaya, membahas tentang keyakinan dan praktik guru bahasa Inggris dalam menerapkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) berbasis pendekatan sosiokultural.

Baca juga: Tips Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif di Perguruan Tinggi

Menggali Keyakinan dan Praktik Guru EFL
Sumber: Pexels

Penelitian ini melibatkan 125 guru bahasa Inggris dan 375 siswa dalam survei, serta wawancara mendalam dengan sebagian dari mereka. Temuan utama menunjukkan bahwa meskipun para guru memiliki pengetahuan pedagogis dan teknologi yang baik, mereka mengalami kesulitan dalam menerapkan praktik TPACK yang berbasis sosiokultural.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pemahaman yang rendah tentang konsep budaya selama program pengembangan profesional daring.

Tantangan Integrasi Pendekatan Sosiokultural

Salah satu fokus penting dari penelitian ini adalah tantangan yang dihadapi guru dalam mengintegrasikan pendekatan sosiokultural. Banyak guru melaporkan keterbatasan pemahaman, pengalaman, dan akses ke komunitas budaya yang lebih luas, yang menghambat kemampuan mereka untuk mengimplementasikan teori TPACK dalam praktik pengajaran mereka.

Baca juga: Tips Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Rekomendasi Penggunaa TPACK untuk Profesional
Sumber: Pexels

Penelitian ini memberikan rekomendasi penting untuk revisi kurikulum program pengembangan profesional. Diharapkan program tersebut dapat mendukung penggunaan TPACK yang lebih efektif dan berbasis budaya dalam pengajaran bahasa Inggris.

Dengan memperkuat pemahaman guru tentang budaya, diharapkan mereka dapat lebih baik mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kaya dan relevan bagi siswa.

Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan profesional yang berfokus pada TPACK berbasis sosiokultural untuk guru bahasa Inggris.

Dengan memahami tantangan yang dihadapi, serta menekankan perlunya revisi kurikulum, penelitian ini menawarkan solusi yang dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran. Hasil dari riset ini bukan hanya relevan bagi pendidik, tetapi juga bagi lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan efektivitas program pelatihan mereka.

Dengan terus mendukung penelitian semacam ini, Universitas Negeri Surabaya berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan relevan, mempersiapkan para guru untuk menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Sumber: In-service EFL Teachers’ Sociocultural-based TPACK Beliefs and Practices: Voice of Teachers and Students

Bertita Terkini

kesalahan
Kesalahan Umum dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dan Solusinya
January 10, 2025By
kepercayaan
Pengaruh Kepercayaan Pedagogis Spesifik terhadap Integrasi Teknologi dalam Pengajaran Bahasa Inggris
January 7, 2025By
peran
Peran Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja di Indonesia
December 27, 2024By
digital
PBI Umsida Gunakan Digital Storytelling Berbasis Multiliterasi untuk Perkuat Pembelajaran Literasi
December 24, 2024By
efektif
Rahasia Menguasai Pronunciation dengan Latihan Harian yang Efektif
December 20, 2024By
diskusi
PBI Umsida Gelar Diskusi Praktik Terbaik Pengajaran Bahasa Inggris Bersama Ahli Internasional
December 17, 2024By
lkmm-td
LKMM-TD Akbar FPIP, Mencetak Generasi Pemimpin Berkarakter dan Berintegritas
December 13, 2024By
efikasi
Efikasi Diri sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pencapaian Berbicara Bahasa Inggris
December 10, 2024By

Prestasi

Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By
Ajang QRIS Jelajah Indonesia, Mahasiswa PBI Raih Prestasi
August 22, 2024By
Chandrika, Mahasiswa PBI UMSIDA Lulus Tanpa Ujian Skripsi
July 6, 2024By
Mahasiswa Terbaik dan Berprestasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA, Riza Mafiroh, Raih Sukses Internasional
July 5, 2024By
Tim PBI UMSIDA Torehkan Prestasi Tingkat Nasional Melalui PKM-AI
June 17, 2024By
Content Creator PBI UMSIDA Raih Kejuaraan di Banten
June 12, 2024By
Expressing English Skill and Creativity Excellence in Content Creation Competition
June 11, 2024By
Rishma and Radit Start Their Internship Program in Loei, Thailand
June 8, 2024By