Tim PBI Umsida Tingkatkan Literasi di SD Zainuddin Ngeni

Pbi.umisda.ac.id – SD Zainuddin Ngeni terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dimulai sejak tahun ajaran 2017/2018.

Program literasi ini dirancang untuk membangun budaya membaca di kalangan siswa, sebagaimana yang diamanatkan oleh Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Kepala sekolah SD Zainuddin Ngeni, dalam wawancara, menjelaskan bahwa tujuan utama program ini adalah untuk menanamkan kebiasaan membaca pada siswa sejak dini.

“Kami ingin membentuk generasi yang gemar membaca dan mampu memahami informasi secara mendalam. Untuk itu, kami telah menyediakan fasilitas pendukung seperti perpustakaan yang nyaman dan koleksi buku yang terus diperbarui,” ujar kepala sekolah.

Baca juga: Tips Lulus Kuliah Lebih Cepat

Tahapan Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah di SD Zainuddin Ngeni dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran.

  • Tahap Pembiasaan: Setiap pagi, siswa diajak membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Selain membaca buku non-pelajaran, siswa juga terbiasa membaca surat-surat pendek dari Al-Qur’an untuk menanamkan nilai-nilai religius.
  • Tahap Pengembangan: Di kelas V dan VI, siswa diajak menulis respons terhadap buku yang telah mereka baca. Respons ini mencakup penulisan elemen cerita, alur cerita, dan opini pribadi mereka. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan menulis dan berpikir kritis siswa.
  • Tahap Pembelajaran: Literasi juga diintegrasikan dalam pembelajaran tematik. Siswa diberi tugas untuk membaca buku pelajaran dan menulis ringkasan sebagai latihan menulis. Buku tambahan dan modul materi juga disediakan di perpustakaan dan sudut baca di kelas.
Penghargaan untuk Siswa Berprestasi
Sumber: Pixels

Selain mendorong kebiasaan membaca, sekolah juga memberikan penghargaan bagi siswa yang menunjukkan prestasi literasi, seperti memenangkan lomba bercerita dan menulis. “Kami ingin memberikan motivasi lebih bagi siswa untuk terus berkarya dan membaca lebih banyak,” tambah kepala sekolah.

Baca juga: Studium General PBI Umsida, Tekankan Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Pendidik

Dampak Positif Budaya Literasi
Sumber: Pixels

Program budaya literasi ini terbukti meningkatkan minat baca dan pemahaman siswa terhadap bacaan. Seorang siswa kelas V mengungkapkan, “Saya senang karena bisa mendapatkan banyak informasi baru dan memperluas pengetahuan saya dari buku yang saya baca.”

Hasil penelitian di SD Zainuddin Ngeni menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam program literasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami dan merespons bacaan.

Program ini juga membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa, dengan beberapa dari mereka memenangkan kompetisi menulis di tingkat sekolah.

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Zainuddin Ngeni menunjukkan dampak positif dalam menumbuhkan minat baca siswa dan meningkatkan keterampilan menulis serta berpikir kritis mereka.

Dengan dukungan fasilitas yang memadai dan partisipasi aktif seluruh elemen sekolah, program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menghasilkan generasi pembaca yang cerdas.

Sumber: The Implementation of Literacy Culture Programs in Elementary School

Penulis: Aisyah Windy