Tim PBI Umsida Tingkatkan Literasi di SD Zainuddin Ngeni

Pbi.umisda.ac.id – SD Zainuddin Ngeni terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dimulai sejak tahun ajaran 2017/2018.

Program literasi ini dirancang untuk membangun budaya membaca di kalangan siswa, sebagaimana yang diamanatkan oleh Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Kepala sekolah SD Zainuddin Ngeni, dalam wawancara, menjelaskan bahwa tujuan utama program ini adalah untuk menanamkan kebiasaan membaca pada siswa sejak dini.

“Kami ingin membentuk generasi yang gemar membaca dan mampu memahami informasi secara mendalam. Untuk itu, kami telah menyediakan fasilitas pendukung seperti perpustakaan yang nyaman dan koleksi buku yang terus diperbarui,” ujar kepala sekolah.

Baca juga: Tips Lulus Kuliah Lebih Cepat

Tahapan Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah di SD Zainuddin Ngeni dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran.

  • Tahap Pembiasaan: Setiap pagi, siswa diajak membaca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Selain membaca buku non-pelajaran, siswa juga terbiasa membaca surat-surat pendek dari Al-Qur’an untuk menanamkan nilai-nilai religius.
  • Tahap Pengembangan: Di kelas V dan VI, siswa diajak menulis respons terhadap buku yang telah mereka baca. Respons ini mencakup penulisan elemen cerita, alur cerita, dan opini pribadi mereka. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan menulis dan berpikir kritis siswa.
  • Tahap Pembelajaran: Literasi juga diintegrasikan dalam pembelajaran tematik. Siswa diberi tugas untuk membaca buku pelajaran dan menulis ringkasan sebagai latihan menulis. Buku tambahan dan modul materi juga disediakan di perpustakaan dan sudut baca di kelas.
Penghargaan untuk Siswa Berprestasi
Sumber: Pixels

Selain mendorong kebiasaan membaca, sekolah juga memberikan penghargaan bagi siswa yang menunjukkan prestasi literasi, seperti memenangkan lomba bercerita dan menulis. “Kami ingin memberikan motivasi lebih bagi siswa untuk terus berkarya dan membaca lebih banyak,” tambah kepala sekolah.

Baca juga: Studium General PBI Umsida, Tekankan Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Pendidik

Dampak Positif Budaya Literasi
Sumber: Pixels

Program budaya literasi ini terbukti meningkatkan minat baca dan pemahaman siswa terhadap bacaan. Seorang siswa kelas V mengungkapkan, “Saya senang karena bisa mendapatkan banyak informasi baru dan memperluas pengetahuan saya dari buku yang saya baca.”

Hasil penelitian di SD Zainuddin Ngeni menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam program literasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami dan merespons bacaan.

Program ini juga membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa, dengan beberapa dari mereka memenangkan kompetisi menulis di tingkat sekolah.

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Zainuddin Ngeni menunjukkan dampak positif dalam menumbuhkan minat baca siswa dan meningkatkan keterampilan menulis serta berpikir kritis mereka.

Dengan dukungan fasilitas yang memadai dan partisipasi aktif seluruh elemen sekolah, program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menghasilkan generasi pembaca yang cerdas.

Sumber: The Implementation of Literacy Culture Programs in Elementary School

Penulis: Aisyah Windy

Bertita Terkini

Bahasa Inggris
Optimalkan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA dengan Model Pembelajaran Kontemporer dan Animasi Papan Tulis
July 22, 2025By
akademik
Implikasi Akademik dari Diskusi Peer-led dalam Pembelajaran Tata Bahasa: Perspektif Sikap Siswa
July 18, 2025By
Bahasa Inggris
Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari
July 15, 2025By
Studium Generale
Studium Generale PBI Umsida: Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Digital Literacy dan AI
July 11, 2025By
Public Speaking
Bagikan Tips Public Speaking, Dosen PBI Umsida Tampil di IC-PEHES 2025
July 8, 2025By
PBI
Mahasiswa PBI, Elsyien Berangkat ke Thailand untuk Magang Internasional Program LOEI
July 4, 2025By
story telling
Lomba Story Telling FPIP Edufair 2025: Ajang Kreativitas dan Pengembangan Kemampuan Bahasa Inggris bagi Pelajar
June 24, 2025By
mahasiswa magang s2
Kolaborasi Mahasiswa Magang S2 UNIPA di FPIP Umsida: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Mempererat Jejaring Akademik
June 20, 2025By

Prestasi

Elsyien
Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program, Siap Kembangkan Keterampilan Mengajar di Luar Negeri
June 13, 2025By
Budaya
Pelestarian Budaya Sidoarjo melalui Kolaborasi Teknologi dan Pendidikan, Vidya Mandarani Terima Penghargaan Abdimas Terbaik
June 3, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By
Ajang QRIS Jelajah Indonesia, Mahasiswa PBI Raih Prestasi
August 22, 2024By
Chandrika, Mahasiswa PBI UMSIDA Lulus Tanpa Ujian Skripsi
July 6, 2024By
Mahasiswa Terbaik dan Berprestasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA, Riza Mafiroh, Raih Sukses Internasional
July 5, 2024By