Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses, menghadirkan tiga narasumber dari kalangan dosen yang memberikan materi yang sangat relevan dan penting bagi para peserta, yaitu guru-guru bahasa Inggris SMA se-Sidoarjo yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris.
Acara ini mengusung tema “Mendesain Pembelajaran Happy Learning dengan Mengoptimalkan Model Pembelajaran Kontemporer” dan dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan MGMP. Dalam sambutannya, perwakilan MGMP menekankan pentingnya kegiatan ini bagi pengembangan profesionalisme guru-guru bahasa Inggris di Sidoarjo. Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan konsep pembelajaran Happy Learning dalam Kurikulum Merdeka yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah.
Narasumber pertama, Dr. Fika Megawati, M.Pd, mengawali sesi dengan paparan tentang “Happy Learning dalam Kurikulum Merdeka.” Dr. Fika menjelaskan bahwa konsep Happy Learning bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memotivasi bagi siswa. Dalam pemaparannya, Dr. Fika menekankan pentingnya pendekatan ini dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar.
Sesi kedua dilanjutkan oleh Sheila Agustina, M.Pd, yang membahas “Model Pembelajaran Happy Learning.” Sheila memberikan berbagai contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dia menyoroti beberapa teknik dan strategi yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa siswa merasa senang dan termotivasi selama proses pembelajaran.
Narasumber ketiga, Wahyu Taufiq, M.Ed, menjabarkan “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Happy Learning.” Wahyu memaparkan berbagai alat dan platform teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung pembelajaran Happy Learning. Ia menekankan bahwa teknologi dapat menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.
Acara ini berlangsung sangat partisipatif, dengan banyak interaksi antara narasumber dan peserta. Guru-guru yang hadir aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka terkait pembelajaran di kelas. Atmosfer diskusi yang hangat dan konstruktif tercipta sepanjang kegiatan, mencerminkan antusiasme dan komitmen para peserta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing.
Di akhir kegiatan, ketua MGMP memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para narasumber dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat perlu untuk berlanjut demi berlangsungnya kerjasama yang lebih erat antara MGMP Bahasa Inggris SMA Sidoarjo dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Selain itu, ketua MGMP juga menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan baru tetapi juga memperkuat jaringan profesionalisme antar guru.
Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bertugas sebagai fasilitator dan panitia. Mereka membantu kelancaran acara dengan mengatur segala kebutuhan teknis dan administratif, memastikan bahwa acara berlangsung dengan tertib dan lancar.
Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya berhasil menyampaikan pengetahuan baru kepada para peserta, tetapi juga mempererat hubungan antara universitas dan para guru di Sidoarjo. Diharapkan, kerjasama yang telah terjalin ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi dunia pendidikan di Sidoarjo.