TPR

Metode TPR Tingkatkan Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

pbi.umsida.ac.id — Penelitian oleh Dr Yuli Astutik MPd, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama rekan dosen lainnya, membuktikan bahwa Total Physical Response (TPR) efektif meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswa sekolah dasar.

Metode ini menggabungkan instruksi verbal dengan gerakan fisik, sehingga siswa dapat memahami kosakata dan perintah melalui pengalaman langsung. Menurut Dr Yuli, anak-anak lebih mudah mengingat kosakata ketika belajar sambil bergerak. “TPR memberi kesempatan siswa belajar dengan aktif, sehingga fokus dan antusiasme mereka meningkat,” jelasnya.

Proses Penelitian dan Tahapan Penerapan TPR di Kelas IV SD

TPR

Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Sidoarjo. Selama enam pertemuan, guru memberikan instruksi sederhana seperti stand up, sit down, dan open your book yang diikuti gerakan fisik sesuai perintah. Secara bertahap, instruksi diperluas menjadi kalimat yang lebih kompleks agar siswa terbiasa dengan struktur bahasa dan kosakata baru.

Setiap pertemuan dimulai dengan kegiatan pemanasan (warm-up) melalui permainan interaktif, dilanjutkan aktivitas inti yang menerapkan TPR, dan diakhiri sesi refleksi untuk mengulang kosakata yang telah dipelajari. Evaluasi dilakukan dengan tes kosakata serta pengamatan keterlibatan siswa selama proses belajar.

Hasilnya, siswa menjadi lebih aktif, cepat merespons perintah, dan lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di kelas.

Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dan Rekomendasi bagi Guru

Data menunjukkan adanya peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris hingga 85% dari hasil awal. Siswa yang awalnya pasif menjadi berani menirukan perintah dan berbicara dalam bahasa Inggris. Aktivitas fisik yang menyenangkan menciptakan suasana kelas yang hidup dan mengurangi rasa cemas terhadap bahasa asing.

Dr Yuli menegaskan bahwa TPR sangat cocok diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. “Belajar sambil bergerak membuat materi lebih bermakna dan bertahan lama di ingatan siswa,” ujarnya.

Penelitian ini merekomendasikan agar guru bahasa Inggris di sekolah dasar menggunakan metode TPR, terutama pada tahap pengenalan kosakata dan instruksi dasar. Dengan cara ini, pembelajaran menjadi interaktif, sesuai kebutuhan perkembangan anak, dan lebih efektif dalam membangun keterampilan berbahasa.

 

Penulis: Mutafarida

 

Bertita Terkini

Media Pembelajaran Digital Tingkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP
August 8, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Diraih Mahasiswa PBI, Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 5, 2025By
Belajar Bahasa Inggris
Mencoba Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari: Tantangan dan Stigma yang Harus Dihadapi
August 1, 2025By
Bahasa Inggris
Tips dan Trik Menghafal Vocabulary Bahasa Inggris dengan Cepat dan Efektif
July 29, 2025By
Keterampilan menulis
Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa EFL dalam Teks Recount melalui Aktivitas Scrapbook di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo
July 25, 2025By
Bahasa Inggris
Optimalkan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA dengan Model Pembelajaran Kontemporer dan Animasi Papan Tulis
July 22, 2025By
akademik
Implikasi Akademik dari Diskusi Peer-led dalam Pembelajaran Tata Bahasa: Perspektif Sikap Siswa
July 18, 2025By
Bahasa Inggris
Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari
July 15, 2025By

Prestasi

Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Diraih Mahasiswa PBI, Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 5, 2025By
Elsyien
Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program, Siap Kembangkan Keterampilan Mengajar di Luar Negeri
June 13, 2025By
Budaya
Pelestarian Budaya Sidoarjo melalui Kolaborasi Teknologi dan Pendidikan, Vidya Mandarani Terima Penghargaan Abdimas Terbaik
June 3, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By
Ajang QRIS Jelajah Indonesia, Mahasiswa PBI Raih Prestasi
August 22, 2024By
Chandrika, Mahasiswa PBI UMSIDA Lulus Tanpa Ujian Skripsi
July 6, 2024By