Guru Bahasa Inggris Sidoarjo

Tingkatkan Kreativitas Mengajar, Pelatihan EdPuzzle Bantu Guru Bahasa Inggris Sidoarjo Ciptakan Pembelajaran Interaktif di Era Digital

pbi.umsida.ac.id – Transformasi pendidikan di era digital mendorong para guru untuk terus berinovasi, khususnya dalam pengajaran bahasa Inggris yang menghadapi tantangan besar di Kurikulum Merdeka. Untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan pelatihan teknologi digital yang terfokus pada penggunaan EdPuzzle. Program ini bertujuan memberikan bekal kepada para guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sidoarjo agar lebih mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas.

Pelatihan ini diinisiasi oleh para dosen Umsida, termasuk Yuli Astutik dan Fika Megawati, yang melihat bahwa banyak guru belum memanfaatkan teknologi digital dalam modul pembelajaran mereka.

“Teknologi seperti EdPuzzle membantu memfasilitasi pembelajaran berbasis video yang interaktif dan memungkinkan guru untuk menambah kuis atau pertanyaan di dalam video, sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi,” jelas Astutik.

Penerapan EdPuzzle diharapkan mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menarik dan mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi yang disampaikan.

 EdPuzzle Membantu Guru Menjadi Lebih Inovatif dan Digital Literate

Pelatihan ini mendapat respons positif dari para guru yang sebelumnya belum mengenal aplikasi EdPuzzle. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan setelah pelatihan, terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah guru yang mampu memahami, menggunakan, dan menerapkan EdPuzzle di kelas. Awalnya, hanya sekitar 9% dari 43 guru yang paham tentang EdPuzzle, namun setelah pelatihan, hampir 95% dari peserta mampu menerapkannya sebagai media pembelajaran di kelas.

Selain mempermudah guru dalam menyampaikan materi, EdPuzzle juga dipandang efektif untuk mengembangkan kemampuan keterampilan bahasa Inggris siswa. Menurut survei, sekitar 48% guru merasa bahwa EdPuzzle sangat cocok untuk melatih keterampilan mendengarkan, sementara 35% lainnya menemukan bahwa EdPuzzle juga membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Para guru menilai bahwa penggunaan media berbasis digital seperti ini membantu siswa lebih mudah beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran yang lebih mandiri.

 Tantangan dan Prospek Penerapan Teknologi di Kelas

Meski menunjukkan hasil positif, penerapan teknologi seperti EdPuzzle di dalam kelas masih menemui beberapa kendala. Berdasarkan hasil evaluasi, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya keterampilan teknologi dari para guru dan keterbatasan akses internet di beberapa wilayah.

Sebanyak 36% guru mengaku kurang memiliki keterampilan IT yang memadai, sementara 27% lainnya mengalami kesulitan dalam mengakses internet yang stabil, yang terkadang menghambat proses pembelajaran. Meski demikian, tantangan ini tidak mengurangi semangat para guru untuk mencoba dan menerapkan teknologi digital dalam pembelajaran mereka.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru semakin terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital dan mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan serta interaktif. Pelatihan ini juga membuktikan bahwa teknologi seperti EdPuzzle dapat berperan penting dalam mendukung Kurikulum Merdeka dan meningkatkan literasi digital di kalangan siswa dan guru.

“Kami berharap program ini bisa menjadi awal dari perubahan besar dalam metode pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah di Indonesia,” ujar Megawati.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

LANG&TECH
Mahasiswa PBI & PTI Umsida Ciptakan “LANG&TECH”, Solusi Pembelajaran Inovatif Berbasis Web di SMA Negeri 3 Sidoarjo
October 10, 2025By
Perpustakaan
SMK Muhammadiyah 1 Taman Adakan Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran, Upaya Peningkatan Literasi Siswa
October 7, 2025By
Belajar Mengoperasikan Google Sites, Mahasiswa PLP II Umsida Tahun 2025 Latih Siswa SMAMDA
October 3, 2025By
Kepercayaan Diri
Ungkap Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Praktik Mengajar, Begini Riset Dosen PBI Umsida
September 30, 2025By
Top-Down dan Bottom-Up
Strategi Top-Down dan Bottom-Up Tingkatkan Pemahaman Listening Mahasiswa
September 26, 2025By
Perbedaan Gender dan Pengalaman Mengajar dari Pola Kesantunan Bahasa Dosen
September 19, 2025By
Tapak Suci Umsida Persembahkan Medali Emas Lewat Alfzehra Muhammad Cajuizi
September 16, 2025By
Program Akademik
Program Akademik PBI Umsida Siapkan Mahasiswa Jadi Pendidik Profesional
September 12, 2025By

Prestasi

Tapak Suci Umsida Persembahkan Medali Emas Lewat Alfzehra Muhammad Cajuizi
September 16, 2025By
zahra
Mahasiswa PBI Umsida Berprestasi, Zahra Novianti Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 5, 2025By
Wisudawan Terbaik
Wisudawan Terbaik Diraih Mahasiswa PBI, Nada Salsabila Ungkap Manajemen Waktu dan Dedikasi Tinggi Adalah Kunci
August 5, 2025By
Elsyien
Isna Elsyien Maulana Mustaqim Lolos LOEI International Internship Program, Siap Kembangkan Keterampilan Mengajar di Luar Negeri
June 13, 2025By
Budaya
Pelestarian Budaya Sidoarjo melalui Kolaborasi Teknologi dan Pendidikan, Vidya Mandarani Terima Penghargaan Abdimas Terbaik
June 3, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By