guru

Riset Dosen: Penguatan Keterampilan Guru Melalui Pelatihan Big Book Digital Berbasis Canva

pbi.umsida.ac.id – Seiring dengan tantangan abad ke-21, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Hal ini menjadi dasar pelaksanaan pelatihan pengembangan Big Book berbasis aplikasi Canva, yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), salah satunya adalah dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan literasi digital guru dalam mendukung proses belajar-mengajar.

Inovasi Teknologi dalam Dunia Pendidikan

MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng dipilih sebagai mitra kegiatan karena dinilai memiliki kebutuhan mendesak untuk penguatan kemampuan teknologi. “Kami melihat kurangnya literasi digital dan minimnya kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran, khususnya pada materi pengenalan kosakata Bahasa Inggris,” ujar ketua tim Abdimas.

Langkah Strategis dalam Pelaksanaan Pelatihan

Pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring-evaluasi. Pada tahap perencanaan, tim melakukan survei untuk mengidentifikasi kendala pembelajaran di sekolah. Dari hasil analisis, diputuskan bahwa pelatihan akan menggunakan Canva sebagai platform untuk mendesain media pembelajaran interaktif.

“Dalam pelaksanaan, kami memberikan materi mengenai konsep big book, berdiskusi dengan guru untuk menentukan konten yang sesuai, dan mendampingi mereka dalam proses desain hingga pencetakan big book,” jelas salah satu anggota tim fasilitator.

Pada tahap monitoring dan evaluasi, tim mengamati penggunaan big book di kelas. Guru diminta untuk menggunakan hasil desain mereka dalam pembelajaran, dan tim melakukan observasi untuk menilai kualitas media serta efektivitas pengajarannya.

Hasil Positif Pelatihan Big Book Digital pada Guru

Pelatihan ini membawa dampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar guru yang sebelumnya tidak familiar dengan Canva kini mampu menggunakan fitur-fiturnya untuk mendesain big book yang interaktif dan menarik.

“Awalnya, kami hanya tahu Canva sebagai alat untuk membuat poster. Tapi setelah pelatihan ini, kami sadar bahwa aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk membuat media pembelajaran,” ungkap salah satu guru peserta.

Guru-guru juga mengimplementasikan hasil big book dalam pembelajaran. Sebagai contoh, dalam kelas Bahasa Inggris, guru menggunakan teknik Listen and Repeat untuk membantu siswa memahami kosakata. Sedangkan dalam pelajaran Pancasila, guru menerapkan teknik interaktif dengan melibatkan siswa dalam diskusi tentang simbol-simbol negara.

Peluang untuk Pengembangan Lebih Lanjut

Hasil pelatihan menunjukkan bahwa media big book berbasis Canva tidak hanya efektif untuk meningkatkan literasi digital guru, tetapi juga mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Beberapa guru bahkan menunjukkan minat untuk mengembangkan media serupa dengan tema dan konten yang berbeda di masa depan.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan. Media pembelajaran berbasis digital seperti big book sangat membantu kami dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna,” ujar salah satu peserta.

Sebagai tambahan, tim Abdimas juga merekomendasikan integrasi dwibahasa pada big book untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Guru dapat menuliskan konten dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu, diikuti oleh Bahasa Inggris, sehingga siswa dapat memahami isi materi dengan lebih mudah.

Dengan keberhasilan program ini, Umsida terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan pendidikan berbasis teknologi di Indonesia. Ke depannya, program serupa diharapkan dapat diperluas ke lebih banyak sekolah, guna menciptakan generasi pendidik yang adaptif terhadap era digital.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Optimasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Model Pembelajaran Kontemporer Menggunakan Animasi Papan Tulis
February 19, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
permainan
Permainan Seru untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
January 31, 2025By
buku
Pembelajaran Bahasa Melalui Buku “Yuk Belajar Bahasa Melalui Media dan Sumber Belajar di Era Society 5.0”
January 21, 2025By
hima
Hima PBI Sukses Gelar Lomba English Song Competition dalam FPIP Cup 2024
January 17, 2025By
kesalahan
Kesalahan Umum dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dan Solusinya
January 10, 2025By
kepercayaan
Pengaruh Kepercayaan Pedagogis Spesifik terhadap Integrasi Teknologi dalam Pengajaran Bahasa Inggris
January 7, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By
Ajang QRIS Jelajah Indonesia, Mahasiswa PBI Raih Prestasi
August 22, 2024By
Chandrika, Mahasiswa PBI UMSIDA Lulus Tanpa Ujian Skripsi
July 6, 2024By
Mahasiswa Terbaik dan Berprestasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA, Riza Mafiroh, Raih Sukses Internasional
July 5, 2024By
Tim PBI UMSIDA Torehkan Prestasi Tingkat Nasional Melalui PKM-AI
June 17, 2024By
Content Creator PBI UMSIDA Raih Kejuaraan di Banten
June 12, 2024By