pbi.umsida.ac.id — Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida) yang sudah berjalan menerima sambutan baik dari pihak sekolah mitra.
SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) cukup berbeda dengan sekolah mitra lainnya. Hal itu karena SMAMDA menerima mahasiswa PLP II dari 2 program studi (Prodi) yang berbeda, yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).
Pengenalan Google Sites untuk Keterampilan Digital Siswa
Pada Sabtu, 20 September 2025 mahasiswa PLP II FPIP Umsida melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) di Laboratorium Komputer. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa dengan fokus pada pemanfaatan Google Sites sebagai media pembelajaran.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa PLP II memperkenalkan berbagai fitur utama Google Sites secara bertahap, mulai dari pembuatan laman baru, penambahan teks, gambar, tautan, hingga menyematkan video dan dokumen dari Google Drive.
Selain itu, siswa diajak mengatur tata letak dan tema agar situs tampak menarik dan mudah diakses, lalu melakukan latihan mandiri dengan membuat situs sederhana bertema pembelajaran sesuai minat masing-masing. Metode ini dirancang agar siswa mampu memahami konsep pembuatan website secara praktis dan sistematis.
Lihat Juga: Mahasiswa PBI Umsida Jalani PLP II Mandiri di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
Pendampingan dan Demonstrasi Langsung oleh Mahasiswa PLP
Kegiatan interaktif ini dilaksanakan dengan metode demonstrasi, diskusi, dan praktik langsung. Mahasiswa PLP memberikan demonstrasi cara membuat Google Sites, kemudian mendampingi siswa saat praktik mandiri. Beberapa siswa tampak antusias bertanya, khususnya mengenai cara menambahkan menu navigasi dan menghubungkan antarhalaman.
Salah satu siswa kelas X-4 menyatakan, “Awalnya saya belum memahami cara membuat Google Sites, tetapi setelah dijelaskan tahap demi tahap, sekarang saya bisa membuat media pembelajaran sendiri,” ucap Nizham
Pendekatan langsung ini memungkinkan siswa memahami proses pembuatan website dengan lebih cepat dan aplikatif, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menggunakan teknologi digital.
Dampak dan Manfaat Kegiatan bagi Siswa dan Mahasiswa
Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan digital siswa, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa PLP II dalam praktik mengajar.
Salah satu mahasiswa PLP II mengungkapkan bahwa berbagi ilmu dengan siswa SMAMDA memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mengasah keterampilan pedagogis.
“Suasana belajarnya menyenangkan, siswa aktif dan kreatif. Kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi kami untuk mempererat hubungan dengan dunia sekolah,” ujarnya.
Lihat Juga: Perbedaan Gender dan Pengalaman Mengajar dari Pola Kesantunan Bahasa Dosen
Dengan pelatihan ini, siswa SMAMDA tidak hanya memperoleh kemampuan teknis dalam membuat Google Sites, tetapi juga didorong untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran sehari-hari.
Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi siswa untuk lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran digital, sekaligus memperkuat kompetensi mahasiswa PLP II FPIP Umsida dalam mengajar dan membimbing siswa di sekolah.
Penulis: Tim PLP II
Editor: Mutafarida