keyakinan

Menggali Keyakinan dan Pengalaman Guru Praktek dalam Pengajaran Jarak Jauh Darurat

pbi.umsida.ac.id – Pendidikan guru prajabatan seringkali berfokus pada pembekalan teori, namun kenyataan di lapangan, terutama dalam situasi darurat, menuntut adaptasi yang cepat terhadap teknologi. Penelitian yang dilakukan oleh Dr Fika Megawati MPd dan tim dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ini mengeksplorasi bagaimana keyakinan dan pengalaman mahasiswa pendidikan guru (pre-service teachers/PST) terkait penggunaan teknologi selama pembelajaran jarak jauh darurat (Emergency Remote Teaching/ERT) di tengah pandemi COVID-19.

Pentingnya Pemahaman Keyakinan Pedagogis Khusus Mata Pelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh

keyakinan

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana keyakinan pedagogis spesifik mata pelajaran yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan guru mempengaruhi penerapan teknologi dalam praktik pengajaran mereka. Dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi tiga orientasi keyakinan pedagogis utama yang dipegang oleh peserta, yaitu berbasis keterampilan, berbasis aturan, dan berbasis fungsi. Setiap orientasi ini berpengaruh pada bagaimana teknologi diintegrasikan dalam pembelajaran mereka, khususnya dalam konteks pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

Dr Fika Megawati MPd menyatakan, “Melalui penelitian ini, kami dapat melihat bagaimana para mahasiswa mempraktikkan keyakinan mereka terhadap pengajaran yang didukung oleh teknologi dalam situasi ERT. Beberapa di antaranya menunjukkan kesesuaian antara keyakinan pedagogis mereka dan penggunaan teknologi, sementara yang lain mengalami ketidaksesuaian.” Hal ini, lanjutnya, dapat mempengaruhi cara mereka merancang materi pelajaran, serta penggunaan platform dan aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran.

Dinamika Keyakinan dan Praktek Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Darurat

Penelitian ini melibatkan 15 mahasiswa pendidikan guru yang sedang mengikuti program magang di Indonesia dan Thailand, yang mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua fenomena yang mencolok: kesesuaian (alignment) dan ketidaksesuaian (misalignment) antara keyakinan pedagogis mahasiswa dan penggunaan teknologi dalam pengajaran mereka. Kesesuaian terjadi ketika mahasiswa mengadopsi teknologi sesuai dengan orientasi pedagogis mereka, seperti penggunaan aplikasi yang mendukung komunikasi dan pengajaran secara fungsional atau berbasis keterampilan.

Namun, tidak semua mahasiswa mengalami kesesuaian. Beberapa menunjukkan ketidaksesuaian, di mana teknologi yang mereka pilih tidak sejalan dengan keyakinan mereka mengenai pengajaran bahasa. Misalnya, meskipun beberapa mahasiswa memiliki keyakinan pedagogis berbasis aturan, mereka cenderung menggunakan teknologi yang lebih cocok dengan orientasi berbasis keterampilan, yang menyebabkan tantangan dalam integrasi teknologi.

“Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai bagaimana keyakinan mahasiswa pendidikan guru berinteraksi dengan teknologi dalam konteks pembelajaran jarak jauh,” kata Dr Fika. “Kami berharap bahwa pemahaman ini dapat digunakan untuk menyusun program pelatihan yang lebih efektif bagi mahasiswa agar dapat menyesuaikan keyakinan pedagogis mereka dengan praktik pengajaran yang melibatkan teknologi.”

Peluang untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Guru Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi

keyakinan

Hasil penelitian ini membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam pelatihan guru, terutama dalam mempersiapkan mahasiswa untuk mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran mereka. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, penting untuk memahami bagaimana teknologi dapat mendukung keyakinan pedagogis yang kuat dalam pengajaran.

Dr Fika menambahkan, “Kedepannya, kami berharap penelitian ini dapat memandu pengembangan kurikulum pendidikan guru yang lebih dinamis, yang tidak hanya mengajarkan teori pedagogis, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk beradaptasi dengan situasi pengajaran yang terus berkembang, termasuk dalam situasi darurat.”

Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan generasi guru yang siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan yang semakin dipengaruhi oleh teknologi.

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan integrasi teknologi yang lebih baik dalam pendidikan guru dapat memperkuat praktik pengajaran di masa depan. Diharapkan penelitian ini akan mendorong pembaruan dalam pendekatan pelatihan pendidikan guru yang lebih adaptif, berbasis teknologi, dan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan global.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

tantangan
Mengatasi Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMK
February 26, 2025By
winter school
Winter School 2025: PBI Umsida Perkuat Kompetensi Dosen dan Mahasiswa dalam Pemanfaatan AI di Pengajaran Bahasa
February 22, 2025By
Optimasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Model Pembelajaran Kontemporer Menggunakan Animasi Papan Tulis
February 19, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
permainan
Permainan Seru untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris
January 31, 2025By
buku
Pembelajaran Bahasa Melalui Buku “Yuk Belajar Bahasa Melalui Media dan Sumber Belajar di Era Society 5.0”
January 21, 2025By
hima
Hima PBI Sukses Gelar Lomba English Song Competition dalam FPIP Cup 2024
January 17, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Mahasiswa Prodi PBI Umsida Raih Juara di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
IC-RIITEL
Dalam Kompetisi Internasional IC-RIITEL 2025, Mahasiswa PBI Umsida Raih Gold Medal
February 5, 2025By
Mahasiswa PBI Goes Internasional
September 9, 2024By
Ajang QRIS Jelajah Indonesia, Mahasiswa PBI Raih Prestasi
August 22, 2024By
Chandrika, Mahasiswa PBI UMSIDA Lulus Tanpa Ujian Skripsi
July 6, 2024By
Mahasiswa Terbaik dan Berprestasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA, Riza Mafiroh, Raih Sukses Internasional
July 5, 2024By
Tim PBI UMSIDA Torehkan Prestasi Tingkat Nasional Melalui PKM-AI
June 17, 2024By
Content Creator PBI UMSIDA Raih Kejuaraan di Banten
June 12, 2024By