pbi.umsida.ac.id – Belajar Bahasa Inggris merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh pelajar di berbagai tingkat pendidikan. Meski bahasa ini penting untuk komunikasi internasional, tidak sedikit pelajar yang menghadapi hambatan akibat kesalahan umum yang terjadi selama proses pembelajaran. Artikel ini akan membahas dua kesalahan umum dalam pembelajaran bahasa Inggris serta strategi untuk mengatasinya.
Kesalahan dan Solusi dalam Penggunaan Tata Bahasa (Grammar)
Salah satu tantangan terbesar dalam belajar bahasa Inggris adalah tata bahasa yang kompleks. Banyak pelajar sering membuat kesalahan pada subject-verb agreement, tenses, atau penggunaan articles seperti “a,” “an,” dan “the.” Misalnya, kalimat seperti “She go to school yesterday” sering ditemukan pada pelajar yang masih bingung membedakan penggunaan bentuk kata kerja.
Untuk memperbaiki kesalahan ini, pelajar disarankan untuk:
- Mempelajari aturan dasar tata bahasa secara bertahap.
- Menggunakan buku latihan tata bahasa, seperti English Grammar in Use oleh Raymond Murphy.
- Mempraktikkan tata bahasa dalam tulisan atau percakapan sederhana.
- Mendengarkan atau membaca materi bahasa Inggris asli, seperti podcast atau artikel, untuk memahami pola tata bahasa yang benar.
Kesulitan dan Solusi dalam Pengucapan (Pronunciation)
Pengucapan sering kali menjadi kesulitan bagi pelajar, terutama karena beberapa suara dalam bahasa Inggris tidak ada dalam bahasa ibu mereka. Kesalahan seperti mengucapkan “three” menjadi “tree” atau “ship” menjadi “sheep” adalah contoh umum yang sering terdengar.
Untuk meningkatkan pengucapan, berikut langkah-langkah yang dapat diambil:
- Berlatih dengan menggunakan aplikasi seperti Elsa Speak atau YouGlish untuk memperbaiki pengucapan secara interaktif.
- Mendengarkan penutur asli melalui video atau audio dan mencoba menirukan pengucapan mereka.
- Berlatih dengan membaca keras teks sederhana sambil merekam suara sendiri untuk mendeteksi kesalahan.
- Bergabung dalam komunitas belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan umpan balik langsung dari teman belajar atau guru.
Dengan memahami kesalahan-kesalahan ini dan menerapkan strategi yang tepat, pelajar dapat memperbaiki kemampuan bahasa Inggris mereka secara bertahap. Proses belajar memang membutuhkan waktu, tetapi dengan konsistensi dan praktik yang baik, kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik bukanlah hal yang mustahil.
Penulis: Wiwik yulianingsih
Editor: Mutafarida