Tour Guiding in Jogja’: Implementasi Kegiatan Akademik Mahasiswa PBI UMSIDA di Luar Perkuliahan

Pada tanggal 9 Desember 2022, sebanyak 64 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan perjalanan ke Kota Yogyakarta. Meninggalkan Sidoarjo di malam hari dengan menggunakan bus pariwisata, seluruh mahasiswa nampak sangat antusias menyambut kegiatan kali ini. Didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Business English, Dian Rahma Santoso, M.Pd., mahasiswa semester 7 tersebut bersiap melakukan praktek pembelajaran lapangan terkait capaian pembelajaran mata kuliah tersebut.

Mata kuliah Business English merupakan mata kuliah penciri prodi PBI UMSIDA, di mana mahasiswa akan mendalami tentang entrepreneurship atau kewirausahaan di bidang pendidikan dan budaya. Mata kuliah ini ditawarkan dalam 4 semester berjenjang di mana setiap semesternya mahasiswa melakukan tahapan kegiatan wirausaha yang berbeda dimulai dari pengenalan, perencanaan, dan manajemen bisnis. Di tahapan akhir inilah mahasiswa biasanya diminta untuk sekaligus mempraktekkan kemampuan manajemen bisnis mereka secara langsung di lapangan.

Memilih Yogyakarta sebagai destinasi utama, para mahasiswa melakukan praktek dan berperan sebagai pemandu wisata yang bertanggung jawab untuk mencari data, memandu dan memberikan informasi terkait tempat-tempat wisata sekitar kepada rekan-rekan yang lain. Kegiatan tour guiding ini berlangsung saat dan selama mahasiswa tersebut berada di dalam transportasi serta di area wisata yang dituju. Beberapa tempat yang dituju mahasiswa selama di Yogyakarta antara lain Candi Ratu Boko, Malioboro, Taman Sari, dan Keraton.

Menghabiskan waktu yang produktif selama 2 hari 1 malam, mahasiswa mendapat pengalaman yang mendidik sekaligus menyenangkan. Menurut penuturan beberapa mahasiswa, ada beberapa kendala terkait kegiatan tour guiding yang mereka lakukan. Kendala terbesar ada di manajemen waktu dan massa. Dalam kegiatan study tour tersebut, mahasiswa memang diminta untuk membuat rencana perjalanannya (itinerary) sendiri, termasuk akomodasi penginapan, transportasi, penganggaran, dan susunan waktu serta tujuan wisata. Di sinilah mahasiswa belajar untuk mengelola waktu di antara deretan destinasi yang telah ditentukan. Selain mengalami kendala pada penentuan durasi dan waktu yang kurang akurat, beberapa mahasiswa mengeluhkan sulitnya mengatur dan mengendalikan massa, dalam hal ini wisatawan yang merupakan rekan-rekannya sendiri.

Dengan merampungkan kegiatan ini, mahasiswa PBI UMSIDA diharapkan dapat memperoleh hasil pembelajaran yang optimal terkait manajemen bisnis, khususnya di bidang tour guide yang menjadi salah satu profil lulusan program studi. Di sisi lain, banyak mahasiswa berharap agar kegiatan pembelajaran di luar kampus ini terus dilaksanakan secara konsisten mengingat besarnya manfaat yang diterima mahasiswa. Mahasiswa tersebut menyimpulkan bahwa selain belajar, mereka dapat saling memperkuat ikatan pertemanan dan memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama rekan-rekannya melalui kegiatan ini.

Related Posts

PBI UMSIDA Perbarui Kerjasama dengan SMPN 1 Wonoayu

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA, Dr. Fika Megawati, M.Pd., didampingi...

Satu Bulan di Thailand, Kisah Monica Mengikuti KKN Internasional di Thailand

KKN-PLP Internasional Thailand yang dilaksanakan pada 31 Oktober sampai 28...

Pengelola Jurnal PBI UMSIDA Hadiri Undangan Workshop DIKTI-RISTEK

Pada tanggal 8 Desember 2022, DIKTI-RISTEK bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah...

Leave a Reply