Tim Dosen PBI UMSIDA Lakukan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 5 Porong

Sidoarjo – Tingkatkan kompetensi guru SD dalam mengajar Bahasa Inggris, tim dosen pengabdian kepada masyarakat jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) lakukan program pelatihan teknik mengajar Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 5 Porong. Kegiatan pelatihan ini  dilaksanakan secara luring sejak 21 Maret 2022 hingga 21 April 2022. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 9 guru yang mengajar kelas 1 sampai kelas 6 dari berbagai mata pelajaran.

Menurut tim dosen PBI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, pengenalan teknik mengajar bahasa Inggris bagi guru SD sangat diperlukan guna mendukung pengembangan profesionalisme guru. Hal ini juga diaminkan oleh Kepala Sekolah Ibu Kusnaini, S.Pd., M.M. yang mana pelatihan ini juga akan membantu membangun fondasi yang kuat bagi SD Muhammadiyah 5 Porong yang akan menjadi sekolah dasar dengan sistem bilingual di tahun ajaran baru nanti. 

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Bapak Wahyu Taufiq, M.Ed., selaku ketua koordinator. Pada pertemuan pertama ini dilakukan pengenalan dan pemaparan materi mengenai teknik presentasi berbahasa Inggris. Pertemuan selanjutnya mengenai pemaparan teknik mengajar berbahasa Inggris disampaikan oleh Ibu Sheila Agustina, S.S., M.Pd. dan Ibu Dian Novita, M.Pd. dibantu oleh 2 mahasiswa PBI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pertemuan terakhir berupa monitoring dan pendampingan yang dilakukan pada 21 April 2022. Setelah pemaparan teori dan praktik di pertemuan sebelumnya, kegiatan selanjutnya yaitu implementasi teknik mengajar berbahasa Inggris secara luring di kelas. Tim Abdimas berbagi tugas dan menyebar ke beberapa kelas untuk memantau proses belajar mengajar. Secara keseluruhan, hasil pelaksanaan pembelajaran menunjukkan sisi positif, yakni guru mampu dan berusaha berbahasa Inggris dalam menyampaikan materi dan membimbing siswa menyelesaikan tugas dengan baik.

(Rahma/Vina)

Related Posts

Leave a Reply