PMM-DN Luring UMSIDA Berakhir, Begini Cerita Shalsa, Mahasiswi asal Tarakan

Halo semuanya, perkenalkan nama saya Shalsa Midina dari Universitas Borneo Tarakan. Saya merupakan salah satu dari sekian banyak mahasiswa yang beruntung mengikuti program MBKM PMM-DN atau pertukaran mahasiswa dalam negeri. Dalam program ini, saya ditempatkan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Melalui program ini, banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari dan temui.

Program PMM memfasilitasi kami untuk bepergian ke perguruan tinggi penerima dan memberi kami uang saku tiap bulannya. Berkat fasilitas ini, saya dapat merasakan bagaimana rasanya menuntut ilmu di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang selama ini hanya saya lihat melalui media sosial. Ada 3 mata kuliah yang saya ambil, yaitu Media in ELT, Methods and Approaches in TESOL, dan Introduction to Teaching English to Young Learners yang merupakan MK di prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Menuntut ilmu di universitas lain selama satu semester awalnya tentu tidak mudah karena harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita, apalagi saya mengambil MK semester atas (semester 5). Tetapi, hal ini dapat diatasi karena suasana perkuliahan yang sangat nyaman untuk saya. Keramahan teman-teman di Sidoarjo serta para dosen pengampu MK yang saya program membantu saya merasa nyaman dan cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi perkuliahan saat itu. Secara pribadi, saya sangat menikmati setiap proses perkuliahan di 3 MK tersebut karena metode pengajaran yang diaplikasikan oleh bapak dan ibu dosen cocok dengan saya, dan penjelasan mereka mudah dimengerti oleh saya. Mereka juga melayani konsultasi tugas melalui WhatsApp sehingga saya dan teman-teman paham akan apa yang ditanyakan sebelumnya. Bapak dan ibu dosen juga memberi referensi dan sumber materi yang sangat lengkap dan tak jarang juga dilengkapi oleh tambahan video untuk menambah insight terhadap materi yang akan dipelajari.

Satu semester merupakan waktu yang sangat singkat untuk pertemuan yang sangat berharga ini. Tak hanya ilmu, saya juga mendapatkan pengalaman tentang kebudayaan yang ada di Jawa Timur dan juga budaya dari teman-teman yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Kedepannya, saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk kembali belajar maupun bekerja sama dengan teman-teman maupun bapak dan ibu dosen yang bertugas di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, terutama pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). (Shalsa)

Related Posts

Pengumuman UTS Genap 2021/2022

PENGUMUMAN-UTS_GENAP-2021-2022_MAHASISWADownload

Pengumuman Perkuliahan Semester Genap 2021/2022

Surat-Edaran-Perkuliahan-SMT-Genap-TA-2021-2022Download

Leave a Reply