HIMA PBI Mengadakan Webinar Karya Tulis Ilmiah untuk Mengoptimalkan Pengembangan Soft Skill dalam Penulisan Karya Ilmiah

Pada tanggal 11 Juni 2022 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMSIDA mengadakan webinar karya tulis ilmiah dengan mengusunng tema “Mengoptimalkan Pengembangan Soft Skill Dalam Penulisan Karya Ilmiah”, webinar tersebut dilaksanakan virtual melalui Zoom Meeting pada pukul 09.00 sampai selesai.

Pembukaan webinar disampaikan oleh Novi Dwi Putri Hatuina selaku ketua pelaksana webinar karya tulis ilmiah, kemudian dilanjut sambutan oleh Ibu Dr. Fika Megawati, M.Pd, selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dilanjut memasuki acara inti yang dipimpin langsung oleh pemateri yaitu Bapak Nur Hidayat, M.Pd dengan peserta 41 yang tergabung dalam acara webinar.

Soft skill merupakan kemampuan atau kepribadian yang dibutuhkan untuk sukses dalam suatu pekerjaan. Soft Skills dalam penulisan karya ilmiah membutuhkan membaca secara kritis, menganalisa kritis, penulisan akademik, alat bantu dan manajemen waktu, komunikasi, dan motivasi. Ada beberapa faktor menulis karya ilmiah itu penting bagi mahasiswa diantaranya adalah agar mahasiswa mampu terbiasa membaca secara efektif, terciptanya budaya menulis oleh kalangan mahasiwa, membangun pola pikir yang kritis, dan membiasakan mahasiswa dalam penyampaianan gagasan disampaikan sesuai dengan sumber. Nah, itu sebabnya alasan mengapa pengembangan soft skill dalam penulisan karya tulis ilmiah sangat penting, terutama bagi mahasiswa. Kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam menyimak materi sampai di penghujung acara peserta melakukan sesi tanya jawab terkait pengembang soft skill dalam penulisan karya ilmiah.

Related Posts

Leave a Reply