Capaian Pembelajaran

 

Dalam penyusuan Kurikulum Prodi PBI, Capaian Pembelajaran yang diargetkan adalah sebagai berikut:

SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, profesionalisme, dan integritas akademik;
  3. Menunjukkan sikap cinta tanah air dan bangsa;
  4. Peduli, peka, dan mau berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  5. Memahami, menghargai, dan menghormati keragaman sosial- budaya, agama, pendapat dan cara pandang orang lain;
  6. Menunjukkan semangat daya juang dan kewirausahaan;
  7. Bertanggungjawab pada profesi yang diamanatkan secara mandiri maupun kolaboratif;
  8. Bersikap sebagai pribadi yang jujur, beretika, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  9. Bersikap adaptif terhadap perkembangan jaman;
  10. Bersikap bijaksana dalam kepemimpinan;
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Berpikir kritis, reflektif, dan inovatif;
  2. Menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakatdan lingkungan sebagai bagian dari warga dunia;
  3. Bekerja secara kolaboratif dan efektif dalam berbagai konteks dengan pihak lain;
  4. Melakukan pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesional berkelanjutan;
  5. Menunjukkan keahlian dalam pemecahan masalah;
  6. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan bertanggung jawab.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris dengan dengan mendesain, membuat, dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif dan berpusat pada siswa;
  2. Memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik;
  3. Melakukan penelitian dan mengkaji data empirisnya secara kritis dan analitis untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris;
  4. Menulis karya ilmiah atau penelitian sederhana danmendiseminasikan karya akademik dalam forum ilmiah;
  5. Mampu mengaplikasikan ilmu bahasa dan pendidikan bahasa Inggris untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada profesi yang dipilih (Pendidik Bahasa Inggris dan pengelola pendidikan , peneliti, penerjemah, dan educulture guide).

PENGETAHUAN

  1. Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima;
  2. Menguasai konsep linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan);
  3. Menguasai pemahaman dasar budaya dan sastra Inggris;
  4. Menguasai ilmu pendidikan dan metodologi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi pengelolaan dan pengembangan kurikulum, perencanaaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran;
  5. Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam kaitannya dengan memulai, merencanakan, mengatur, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan;
  6. Menguasai karakteristik peserta didik, baik dalam hal fisik, psikologi, sosial, maupun budaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris secara optimal;
  7. Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  8. Memiliki pengetahuan kearifan lokal dan perkembangannya.