Dalam penyusuan Kurikulum Prodi PBI, Capaian Pembelajaran yang diargetkan adalah sebagai berikut:
SIKAP DAN TATA NILAI
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, profesionalisme, dan integritas akademik;
- Menunjukkan sikap cinta tanah air dan bangsa;
- Peduli, peka, dan mau berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
- Memahami, menghargai, dan menghormati keragaman sosial- budaya, agama, pendapat dan cara pandang orang lain;
- Menunjukkan semangat daya juang dan kewirausahaan;
- Bertanggungjawab pada profesi yang diamanatkan secara mandiri maupun kolaboratif;
- Bersikap sebagai pribadi yang jujur, beretika, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
- Bersikap adaptif terhadap perkembangan jaman;
- Bersikap bijaksana dalam kepemimpinan;
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
KETERAMPILAN UMUM
- Berpikir kritis, reflektif, dan inovatif;
- Menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakatdan lingkungan sebagai bagian dari warga dunia;
- Bekerja secara kolaboratif dan efektif dalam berbagai konteks dengan pihak lain;
- Melakukan pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesional berkelanjutan;
- Menunjukkan keahlian dalam pemecahan masalah;
- Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan bertanggung jawab.
KETERAMPILAN KHUSUS
- Melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris dengan dengan mendesain, membuat, dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan TIK untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif dan berpusat pada siswa;
- Memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik;
- Melakukan penelitian dan mengkaji data empirisnya secara kritis dan analitis untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris;
- Menulis karya ilmiah atau penelitian sederhana danmendiseminasikan karya akademik dalam forum ilmiah;
- Mampu mengaplikasikan ilmu bahasa dan pendidikan bahasa Inggris untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada profesi yang dipilih (Pendidik Bahasa Inggris dan pengelola pendidikan , peneliti, penerjemah, dan educulture guide).
PENGETAHUAN
- Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima;
- Menguasai konsep linguistik (pengetahuan tentang kebahasaan);
- Menguasai pemahaman dasar budaya dan sastra Inggris;
- Menguasai ilmu pendidikan dan metodologi belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi pengelolaan dan pengembangan kurikulum, perencanaaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran;
- Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian dalam kaitannya dengan memulai, merencanakan, mengatur, menerapkan, dan mengevaluasi tindakan;
- Menguasai karakteristik peserta didik, baik dalam hal fisik, psikologi, sosial, maupun budaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris secara optimal;
- Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
- Memiliki pengetahuan kearifan lokal dan perkembangannya.